Kami Akan Selalu Update Tentang Komputer Dan Jaringan

Sunday 2 October 2016

Tutorial Redrawing Logo Toyota Dengan Coreldraw

12.2jadi
Sering mendengar tentang software CorelDraw-kah? Ya software berbasis vektor yang serbaguna ini sudah tak asing lagi bagi para desainer grafis. Meskipun banyak desainer yang memilih adobe illustrator daripada CorelDraw, namun kemudahan yang ditawarkan CorelDraw ini sangat tidak ada tandingannya dibandingkan software sejenisnya loh, dengan alasan itulah CorelDraw ini sangat cocok untuk para pemula yang baru ingin menjejaki dunia desain grafis.
Bagaimana cara untuk belajar menggunakan CorelDraw bagi pemula seperti saya?” pertanyaan seperti ini sering kali muncul dari beberapa orang awam yang ingin belajar desain dengan CorelDraw. Saya pribadi menggunakan metode meniru atau menjiplak suatu portofolio desain pada awal pengenalan dengan CorelDraw. Setelah mampu meniru berbagai macam portofolio secara otomatis kita dapat menguasai banyak tools yang ada di dalamCorelDraw sehingga kita dapat memulai untuk memodifikasi hasil pembelajaran yang sudah dikuasai dengan beberapa ide yang kita miliki sendiri.
Oke langsung saja kali ini saya akan berbagi tutorial bagi pemula (Benar-benar Pemula yaa). Saya menggunakanCorelDraw x7 atau yang terbaru, tapi untuk tutorial kali ini dapat dilakukan pada berbagai versi lampau dariCorelDraw.
Kali ini kita akan belajar meniru logo dari salah satu perusahaan otomotif ternama TOYOTA. Pada tutorial ini kita akan mempelajari tools: pick tool, ellipse tool, back minus front, dan text tool.
  1. Langkah pertama, bukalah CorelDraw X7 atau versi terdahulu. Untuk tampilan awal CorelDraw x7 adalah seperti gambar di bawah ini, lalu kilk new document.
Redrawing Logo Toyota Dengan Coreldraw


Untuk tampilan awal pada versi lainnya seperti CorelDraw x4 akan seperti di bawah ini, sama seperti CorelDraw x7klik New blank document.
Redrawing Logo Toyota Dengan Coreldraw
Setelah klik new document pada CorelDraw x7 akan muncul jendela beberapa pengaturan seperti gambar. Namun kita tidak perlu menghiraukan pengaturan selain yang saya lingkari ya.Pada pengaturan ini saya tidak merubah nama project, dan memilih kertas berukuran A6 dengan satuan millimeter, orientasi landscape dan resolusi sebesar 100 dpi (agar tidak terlalu besar ukurannya saat project disimpan).
Redrawing Logo Toyota Dengan Coreldraw
Untuk versi terdahulunya seperti CorelDraw X4 tidak ada pengaturan seperti ini setelah kita klik new blank document, melainkan kita akan langsung dibawa ke area kerja dan kita dapat melakukan pengaturan seperti itu di area property bar.
1.4jadi

  1. Setelah area kerja sudah siap,
2.1

Sekarang kita mulai dengan membuat oval menggunakan ellipse tool dengan ukuran 59x38mm dan fill berwarna merah, Drag pada area kerja untuk membuat oval.
2.2jadi

Pada gambar diatas terlihat area kerja lebih dekat dan contoh gambar logo Toyota pun lebih besar, hal itu karena saya memperbesar/zoom area kerja dengan menggunakan Zoom tool lalu klik Zoom to All Object.
2.3jadi
  1. Tentunya suda tidak ada masalah kan untuk membuat oval berikutnya? Kali ini oval dengan ukuran 51x34mm dan fill tidak berwarna.
3jadi
Kini sudah terdapat dua oval dengan ukuran yang berbeda bukan? Pindahkan dan posisikan oval kecil di tengah oval besar seperti gambar di atas dengan menggunakan pick tool.
  1. Sekarang kita akan membolongi oval besar dengan oval kecil. Seleksi oval besar dan kecil dengan pick tool lalu klik tombol Back minus front pada property bar atau dengan cara klik tab Object-Shapping-Back minus front(pada CoreDraw x7) atau klik tab Arrange-Shapping-Back minus front (pada CorelDraw x4 dan versi terdahulu)
4.1jadi
sekarang terlihat oval besar sudah bolong dibagian tengahnya bukan? Dan kedua oval besar dan kecil kini sudah menjadi sebuah kurva pada object manager.
4.2jadi
  1. Kita akan membuat oval lagi dengan ukuran 44x19mm dan fill merah, pasti sudah paham dong caranya? Hihi letakan oval seperti pada gambar dibawah ini yaa
5jadi
  1. Kita buat oval lagi dengan ukuran 35x13mm dan fill No Color. Yaps betul oval ini akan membolongi oval sebelumnya
6jadi
  1. Masih Ingat proses pembolongan oval kan?? Seleksi kedua object oval lalu klik back minus front pada property bar
Sudah terbayangkan dengan logo Toyota?? Hehe tapi masih kurang satu oval vertical di tengahnya bukan??
  1. Belum bosan untuk membuat oval kan?? Kita buat oval dengan ukuran 15x34mm dan fill warna merah seperti ini yaa
8jadi
  1. Buat oval lagi dengan ukuran 9x24mm dan fill no color, tenang ini adalah oval terakhir yang kita buat hehe
10.1jadi
  1. Seperti biasa kita bolongi oval seperti kue donat hihi, seleksi kedua object oval dan hanya satu klik back minus front dan…. logo Toyota jadi 😀 ..
10.1jadi
  1. Logo masih belum manis karena masih terdapat outline pada logo, kita seleksi semua kurva lalu klik kanan pada no color. Taraaaa jadi!!!!
11jadi
  1. Saya ingin menambahkan tulisan TOYOTA di bawah logo, klik text tool lalu ketik TOYOTA di bawah logo dengan ukuran font sebesar 55pt
12.1jdi
  1. Oke langkah terakhir kita rubah warna pada tulisan TOYOTA menjadi merah, blok semua huruf dan klik warna merah pada palet warna.
12.2jadi
Oke kita berhasil menggambar ulang atau redrawing logo Toyota seperti aslinya bukan?
corel x7 jadi

Sekian tutorial yang saya dapat bagikan ...

Share:

8 comments:

Powered by Blogger.
IBX5A49C31529974